Minggu, 01 Mei 2011

Parabolic SAR

Parabolic SAR menjadi salah satu indicator efektif dalam menentukan kondisi market yang sedang trend (trending market).

Penggunaan Parabolic SAR
Pada SAR, ketika harga sedang dalam trend naik, maka titik SAR berada dibawah dari pergerakan harga. Sebaliknya ketika market sedang dalam trend turun maka titik SAR berada diatas dari pergerakan harga. Pada gambar diatas titik SAR berada diatas bar yang menunjukkan bahwa harga sedang berada dalam trend turun. Sebaliknya kalau titik SAR ada dibawah, maka menunjukkan trend naik. Seperti telah disinggung diatas, kelebihan Parabolic SAR adalah tampilannya yang berupa titik sehingga dengan demikian memudahkan seseorang dalam membaca keadaan market. Trader cukup melihat dimanakah posisi titik SAR apakah dibawah atau diatas dari bar untuk mengetahui trend yang terjadi. Lebih dari itu, semakin jauh jarak antara titik SAR dengan harga tinggi atau terendah dari bar, itu menandakan semakin kuat trend naik/turun yang terjadi.

PARABOLIC SAR dan STOP LOSS
Nah kita masuk dalam bahasan kegunaan SAR yang cukup unik disini. Bahkan hanya SAR yang memiliki kemampuan seperti ini yaitu kegunaan SAR sebagai penentu titik Stop Loss. Ingat bahwa SAR merupakan kependekan dari Stop and Reverse yang kurang lebih artinya berhenti lalu berbalik arah. Titik SAR bukan saja dapat digunakan sebagai penentu up trend atau down trend. Begitu juga jarak antara titik SAR dengan harga terendah atau tertinggi dari bar yang ada bukan hanya dapat digunakan sebagai penentu kuat lemahnya trend yang terjadi. Lebih dari itu, jika Anda adalah seorang trader dengan Stop Loss (sangat disarankan bertrading menggunakan Stop), maka kabar baiknya titik SAR dapat anda gunakan sebagai titik Stop Loss Anda.

Pantangan pada Parabolic SAR
Saat market sedang bergerak dalam situasi sideways atau tidak adanya trend pergerakan harga. Kondisi sideways ditandai dengan rapatnya jarak antara titik SAR dengan highest/lowest price yang ada. Kondisi sideways yang lebih buruk ditandai dengan berpindah-pindahnya titik SAR diatas dan dibawah bar sehingga menyulitkan Kita dalam membuka posisi. Itu sebabnya mengapa dari awal Saya menyarankan menggunakan SAR beserta indicator lainya sebagai penutup kekurangan SAR.

0 komentar:

Template By : Supriyanto BelajarFoexGratis.Net